PEMUDA PEMUDA PENGGERAK PEREKONOMIAN PEDESAAN

( Girimulyo 22/10/2021 ) Kelompok Pemuda Tani yang tergabung dalam Karang Taruna Sari Mulyo , Dusun Tungkluk Desa Girimulyo, Kecamatan Jatipurno, . Yang beranggotakan sekitar 38 org. Memulai untuk membuka usaha Pertanian yang terintegrasi Perikanan dan kolam pemancingan. Kegiatan Kelompok Pemuda Tani tersebut memanfaatkan lahan kas desa seluas kurang lebih 500 meter persegi, di blok 2 Dusun Tungkluk.

( Lahan Lokasi Usaha Kelompok Pemuda Tani ( UKPT ) Karang Taruna Sari Mulyo Dusun Tungkluk Desa Girimulyo ,Foto , Dok ,Tim Sideka.id )

Kegiatan kelompok Pemuda Tani tersebut terinspirasi dengan adanya Pemuda yang pulang merantau karena di daerah perantauan sulitnya,  untuk mendapatkan pekerjaan, karena adanya pandemi covid 19 . Mereka akhirnya memutuskan untuk membuka usaha bersama, selain untuk menghidupkan kegiatan kepemudaan, mereka juga bermaksud untuk memulai membantu mengurangi angka pengangguran di desa sekaligus meningkatkan perekonomian Desa lewat Kelompok Pemuda Tani yang mereka bentuk tersebut.

 

( Bpk .Sarwoko dengan di dampingi oleh bpk Subroto memberikan Keterangan kepada Tim sideka terkait Konsep yang akan dilaksanakan dalam Usaha kelompok Pemuda Tani UKPT Karang Taruna Sari Mulyo ,Foto , Dok ,Tim Sideka.id )

Menurut Keterangan yang bisa kami peroleh dari  Pengurus yang kami temui, Pada Hari Kamis 21 Oktober 2021 di lokasi kegiatan ,. beliau  ( Bapak  sarwoko,salah satu dari Pengurus Kelompok   ) Mrnyampaikan bahwa  ini adalah langkah awal untuk memulai sebuah usaha bersama, yang saat ini mendapatkan dukungan dan perhatian dari pemerintah Desa Girimulyo, dengan adanya bantuan untuk pemberdayaan kepemudaan dan sekaligus pendampingan dari Pendamping desa, maupun stakeholder yang ada. Dan untuk rencana kedepannya, diharapkan kegiatan ini tidak hanya terfokus ke pertanian dan perikanan saja, dia berharap nanti dari kegiatan ini, akan ikut membantu desa dalam mewujudkan Desa Wisata.

 

 

( Anggota Kelompok UKPT Karang Taruna Sari Mulyo Dusun Tungkluk Sedang Mengadakan Penanaman Jahe . Foto ,Dok ,Tim sideka.id )

Dalam keterangannya  bapak Sarwoko  menambahkan dalam : konsep awal ini dari usaha di bidang pertanian kelompok akan memulai dengan menanam,, jahe, cabe , pepaya dan pisang. Dan usaha di bidang perikanan dengan budidaya ikan lele serta akan membuat Kolam  pemancingan . yang diharapakn dari kolam pemancingan ini , nantinya yang akan bisa di harapkan memperoleh pendapatan untuk operasional  Kelompok serta untuk pengembangan usaha yang lainnya .

 

 

( Kolam budidaya Ikan Lele yang akan di Kembangkan Oleh UKPT Karang Taruna Sari Mulyo Dusun Tungkluk Desa Girimulyo ,Foto , Dok ,Tim Sideka.id )

Bahkan lebih lanjut Bapak Sarwoko menyampaikan bahwa konsep awal kegiatan ini, kelompok sudah menyiapkan rencana akan adanya Kegiatan Pemancingan Nantinya dengan adanya Warung kelompok , yang saat ini sudah mulai dikerjakan .

Tidak lupa Bapak  Sarwoko meminta dukungan dan pendampingan desa, agar kelompok Pemuda Tani Sari Mulyo tambah bersemangat untuk mengelola kegiatan ini, agar bisa terwujud seperti konsep awal yang telah di rumuskan bersama. yang nantinya akan mendorong Para Pemuda di desa Girimulyo untuk ikut serta membangun desa , melalui Usaha Usaha Produktif lainnya , yang berbazis di desa . sehingga laju perekonomian desa bisa meningkat .

( Tempat Parkir dan calon lokasi warung Kelompok UKPT Karang Taruna Sari Mulyo ,Foto , Dok ,Tim Sideka.id )
( Anggota Kelompok Pemuda Tani Sari Mulyo sedang memasang Patok Rencana Kolam Pemancingan Di Lokasi Kegiatan UKPT,Foto , Dok ,Tim Sideka.id  )

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

# GIRIMULYO BERSATU

# GO NYAWIJI SESARENGAN mBANGUN WONOGIRI

Berita di tulis oleh Yardi Admin Sistem Informasi Desa ( SID )

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan